Saturday, October 13, 2018

Air Terjun Lubuk Lauw, Surga Kecil di Pesawaran Lampung

Sebenernya gue males cerita perjalanan ngilang gue kali ini. Saking lelahnya tangan gue lemes buat ngetik. bahkan saat tulisan ini diketik keesokan harinya, rasa lelah itu masih berasa banget. *Braaak!!* Suara orang jatoh dari motor ngingetin gue. 
Air terjun Lubuk lauw Pesawaran Lampung
Air terjun Lubuk Lauw


Minggu lalu gue dan beberapa kawan-kawan gue ngilang lagi. Jelajah tempat yang masih jarang pengunjung. Orang yang lama di Lampung pun belum tentu tau tempat ini. Air terjun Lubuk Lauw. Bertempat di desa Margo Dalam, Pesawaran. Desa ini berletak tidak jauh dari kawasan Marinir Batalyon Infanteri 9. Ya kawasan ini kita lewati kalo kalian ke Kiluan. Setelah Pantai Klara, nanti kalian akan menemui Markas Komando, lalu tinggal belok saja kekanan. Di sini memang tidak akan kalian temui plang penunjuk ke air terjun. Jadi perlu memanfaatkan fitur GPS (gunakan penduduk sekitar). Satu jam perjalanan menggunakan motor, sampai juga di desa Margo Dalam. Langsung saja kita tanyai beberapa warlok alias warga lokal.


Setelah Selamat Datang ini, kalian tinggal belok ke kanan



“Masnya langsung lurus aja ikutin jalan, nanti langsung naik aja.”

“Oke makasih banyak pak.” Wah mantap udah sampe aja nih piker gue.



Setelah memastikan ini desa yang tepat, dan sudah dikonfirmasi oleh warlok, langsung deh lanjut gas lagi karena udah gak sabar. Sampai di ujung jalan desa, ternyata sisa jalan hanya setapak. Dan kalian perlu tahu juga, jalannya batu-batu kali yang gede itu jirrr. Emang bener setelah jalan aspal abis, kita perlu lewatin jalan setapak yang nanjak ini. Gue berpikir sebentar, “motor gue kuat gak yak?” “Mantok gak yak?” Ah persetan udah sampe sini tanggung, bentar lagi.



Setengah jam berlalu, udah beberapa tanjakan dan turunan bebatuan kita lewatin naik motor. Belum sampe juga KAMPREET!! Di tengah-tengah perkebunan gak ada warlok sama sekali. Mau tanya siapa gue bingung. Sampe akhirnya ada suara motor dari kejauhan. Kita stop motor yang akan lewat itu udah kayak pakpol mau nilang.



“Selamat siang pak, bisa tunjukkan surat-suratnya?”

Ah bukan, bukan gitu..

“Pak numpang tanya, ke air terjun Lubuk Lauw lewat sini kan?” tanya gue.

“Iya bener mas, ikutin aja jalan ini, nanti ketemu gubuk-gubuk, tanya aja orang-orang yang di sana.”

“Owalah makasih yak pak.”

Bener cuy lanjut lagi kita. 

Perjalanan menelusuri jalan setapak dengan motor akhirnya kita lanjutkan. Kalau kalian mau kesini, lebih baik jangan bawa matic ya, kasian takut gak nanjak. Sama kalo boncengan sebisa mungkin yang kuat jalan kaki. Karena gak jarang gue dan yang lain suka nurunin boncengannya kalo ketemu tanjakan yang terjal. Yang dibonceng? Yak turun lah jalan kaki dari pada pas nanjak turun lagi kan.. *Bruakk*


“woi anjir bangun WOI!!”



Gue yang masih megangin kopling motor, nyuruh si kawan bangun. Gue bukan lagi nolongin. Ini gue yang kebanting kekanan cuk, dan tertindih kawan yang gue bonceng. Bukannya bangun, dia malah ketawa. Gue ikutan ketawa lah anjir. Ternyata gue selemah ini gak kuat nahan motor pas ban motor gue selip. Hahahanjir.



Setengah jam lagi berlalu, sampai kita di perkampungan kecil. Di sini ada beberapa rumah. Ngobrol sebentar untuk menanyakan lokasi air terjun. Mereka memberi arah untuk nanjak lagi (baca:lagi jir) sampai ketemu sebuah gubuk. Di sanalah tempat kita untuk nitip motor. Oke nanjak lagi. *tangan kram megangin kopling*



Ketemu juga gubuk yang dicari, dan udah ada seorang warlok di situ. Ngobrol sebentar sambil sebat, dia bilang untuk titip motor saja di sini. Sisanya jalan kaki untuk sampe ke air terjun. Dari sini kita bisa langsung turun ke bawah, lalu tinggal menyusuri sungai. Sebat udah habis langsung kita bersiap untuk jalan menuju lokasi. Kita turun ke bawah ke arah sungai, melewati perkebunan cokelat. Suasana nya sepi banget di sini. Hampir jarang kita menemui warlok. Sejuk, seger dan seru saat kita harus menyusuri sungai. Saking serunya gue lupa, batu-batu di sungai ada yang licin. Dan lu tau apa yang terjadi setelahnya. Yak gue berendem sebelum sampe di air terjun. Terpeleset itu pedih cuk, di air pula. Seisi tas basah termasuk hape gue yang untungnya masih nyala. Mau nangis tapi laki, yaudah lanjut lagi deh sampai akhirnya semua perjuangan gue dari bawah sampai sini terbayar semua.    

  

Bagai menemukan oasis di padang gurun, serentak kita teriak sambil bergegas lari ke arah air terjun. Lelah, capek, isi tas basah, tangan keram megangin stang motor, dan bekas knalpot di betis, serasa ilang semuanya. Tak perlu basa-basi gue langsung nyebur anjir. Yuhuu dingin-dingin sejuk berenang disini.
Air terjun Lubuk Lauw Pesawaran Lampung
Yey air terjun Lubuk Law mantaap kampreet

Air terjun Lubuk Lauw Pesawaran Lampung
tadinya mau semedi

Air terjun Lubuk Lauw Pesawaran Lampung
ditinggal, ditinggal, ditinggal, ditinggal... mantan

Air terjun Lubuk Lauw Pesawaran Lampung
Bukan kampanye


Air terjun Lubuk Lauw Pesawaran Lampung
Kasian yang moto :(
Air terjun Lubuk Lauw Pesawaran Lampung
Penunggu air terjun Lubuk Lauw



Buat kalian yang suka perjalanan menantang, tempat ini cocok banget asli. Semua rasa lelah dan perjuangan terbayar ketika sampe di air terjun.

Gimana? Surga kecil di Pesawaran Lampung ini cocok jadi tempat ngilang kalian berikutnya? Udah jangan lama-lama, keburu doi ngilang sama yang lain..

Artikel Terkait

Air Terjun Lubuk Lauw, Surga Kecil di Pesawaran Lampung
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 komentar

June 11, 2021 at 12:32 AM delete

Njrit udh serius2 trnyata tabya surat kendaraan. Menarik sih dibaca dan infonya tp ad yg kurang yaitu informasi jenis medan, tiap medan berapa lama jarak tempuhnya oake motor/jalan. Dari penitipan mtr brp lama.

Reply
avatar
March 23, 2022 at 1:05 AM delete

kalo gowes sepeda bisa sampe gak ke aer terjun

Reply
avatar